Setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November. Kita pastinya pernah mendengar bahwa “Pelajar adalah generasi penerus bangsa dan guru adalah orang yang berjuang untuk mendidik generasi penerus bangsa”. Oleh karena itu, Hari Guru Nasional diadakan untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada para guru yang sudah mengabdi untuk negeri, mendidik, dan membimbing kita, para pelajar dengan sabar dan penuh hati.

Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan acara Hari Guru pada Sabtu, 20 November 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh guru dari unit SMK dan SMA. Acara dilaksanakan di gedung TK Cinta Kasih Tzu Chi dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan penghormatan kepada Shi Gong.

Setelah berdoa dan melakukan penghormatan kepada Shi Gong, kegiatan dilanjutkan dengan video lagu pembukaan dari para Shi Gu yang berjudul “Semua Murid Semua Guru”. Di dalam video tersebut, para Shi Gu dari DAAI Mama yang memainkan peran sebagai guru mata pelajaran di sekolah. Seperti guru matematika, sejarah, seni budaya, tata boga, dan yang lainnya. Video lagu tersebut menunjukkan rasa terima kasih kepada para guru.

Ketika selesai menonton video lagu pembukaan, para guru melakukan Jing Xin dengan diiringi intro “Gu Zheng”. Kegiatan Jing Xin dilakukan selama 5 menit, para guru diminta untuk menenangkan hati, pikiran, dan memejamkan mata. Setelah selesai melakukan Jing Xin, dilanjutkan dengan penyajian teh untuk para guru yang disediakan oleh para Shi Gu dan Shi Bo. Kegiatan penyajian teh ini dilakukan dengan iringan lagu “Qing Shan Wu Zheng” dan disertai videonya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan film pendek dan video musik dari para murid kelas 11 dan 12. Film pendek ini terbagi menjadi 5 bagian yang diselingi video musik. Video musik yang dibawakan adalah “Hymne Guru”, musikalisasi puisi, dan isyarat tangan yang diiringi musik. Setelah para guru menyaksikan penampilan dari murid-murid, mereka pun menjadi terharu.

Setelah pemutaran film pendek, terdapat video ucapan terima kasih dari murid SMA dan SMK kepada guru-guru dan juga kilas balik saat pembuatan film pendek serta video musik yang ditampilkan. MC yang memandu acara juga memberikan kesempatan kepada dua orang guru untuk berbagi cerita tentang suka dan duka saat bekerja di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.

Bapak Freddy selaku direktur dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi juga memberikan pesan cinta kasih. “Penghargaan tertinggi untuk seorang guru bukan berasal dari pimpinannya, bukan dari kepala sekolah, bukan dari yayasannya, penghargaan tertinggi seorang guru berasal dari muridnya. Ketika muridnya sudah lulus dan berhasil, mereka masih mengingat gurunya,” ujar Bapak Freddy. Pesan cinta kasih dari Bapak Freddy terdapat kata motivasi dan pelajaran penting yang bisa dipetik.

Sebelum sampai ke bagian penutup, para guru, Shi Gu, Shi Bo, dan partisipan mendengarkan ceramah dari Shi Gong. Pada pukul 12.01 WIB, acara sudah sampai pada penutup. Sebelum mengakhiri acara, dilakukan penghormatan kepada Shi Gong, berdoa, foto bersama dan pemberian suvenir dari Shi Gu Bao Ping dan Shi Gu Erni.

Social Share

Jesen

Leave a Comment

Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

(021) 54397462

info@cintakasihtzuchi.sch.id

Download Apps

Google Play

Get It Now

App Store

Now it Available