Pada era ini kemajuan teknologi sudah berkembang pesat. Hampir seluruh penjuru dunia menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Bahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan yang turut memanfaatkan teknologi. Dengan adanya perkembangan tersebut, banyak orang dituntut untuk bisa menggunakan teknologi dalam mengerjakan tugas. Contohnya seorang akuntan. Zaman sekarang para akuntan dipermudah dengan aplikasi-aplikasi accounting, seperti MYOB dan Accurate.

Pada Selasa, 16 November 2021 SMK Cinta Kasih Tzu Chi bersama dengan Universitas Trisakti mengadakan pelatihan komputer akuntansi dengan menggunakan aplikasi Accurate. Pelatihan ini diikuti oleh siswa kelas 11 dan 12. Pelatihan dimulai pada pukul 13.00 WIB via Zoom. Dibuka dengan kata sambutan pertama oleh Pak Nuno Sutrisno selaku perwakilan pihak Universitas Trisakti “Dengan adanya pelatihan selama dua pertemuan, para murid akan diberikan sebuah sertifikat sebagai bentuk apresiasi” ujar beliau. Kemudian, para murid diminta untuk mengisi daftar hadir melalui tautan yang telah dibagikan pada kolom chat Zoom. Pertama-tama, dijelaskan terlebih dahulu apa itu aplikasi Accurate dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya oleh Bu Ariesta Tika. Kemudian, beliau juga menjelaskan masing-masing modul yang terdapat pada aplikasi Accurate. Contohnya, pada modul cash bank terdapat bank book atau buku bank. Selanjutnya, para siswa diminta untuk mengikuti arahan dari Bu Ariesta untuk memasukkan transaksi-transaksi dalam modul yang sudah dibagikan sebelum pelatihan dimulai. Tahapan-tahapan penginputan transaksi sudah diberikan penjelasan oleh beliau. Dimulai dari transaksi penjualan, menerima piutang, dan pengiriman barang.

Dalam menjelaskan tata caranya, Bu Ariesta tidak sendirian. Beliau didampingi oleh rekannya Pak Nico Alexander. Keduanya merupakan dosen di Universitas Trisakti. Pelatihan ini berakhir pada pukul 15.30 WIB. Pelatihan penggunaan Accurate dilanjutkan pada pertemuan kedua pada Selasa, 23 November 2021. Dalam pelatihan ini, para siswa mendapatkan banyak wawasan lebih tentang komputer akuntansi. Tentunya hal ini merupakan hal yang sangat baik dalam membantu siswa untuk menyiapkan diri mereka saat berada di dunia kerja. Para siswa akan terbekali dengan baik, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan mereka semakin luas.

Pada Selasa, 23 November 2021 pelatihan kembali dilanjutkan. Dimulai pada pukul 13.00 WIB via Zoom lagi. Pelatihan kembali dibuka oleh Pak Nuno Sutrisno. Kali ini materi dibawakan oleh Bu Debora dan Bu Jenny Vivianti selaku dosen dari Universitas Trisakti. Di pertemuan kedua, siswa kelas 11 dan 12 AKL dipandu untuk melanjutkan transaksi yang sempat tertunda pada pertemuan pertama. Pada pelatihan kedua, para siswa mendapatkan pemahaman baru tentang cara membuat purchase order, faktur, dan melakukan penyesuaian. Kemudian, para siswa diminta untuk mengisi link daftar hadir dan evaluasi yang telah dibagikan melalui kolom chat Zoom.

Setelah selesai mengerjakan 14 transaksi, Bu Jenny memberikan penjelasan kepada para siswa tentang cara untuk membuka laporan yang telah dibuat, seperti retained earning statement atau laporan laba ditahan sampai ke neraca saldo. Setelah pelatihan Accurate selesai, Pak Nuno menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk membagikan ilmu kepada SMK Tzu Chi. Bu Tussi selaku kepala jurusan akuntansi turut mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Universitas Trisakti. “Kami berterima kasih kepada tim TSM karena telah memberikan ilmunya kepada kami dan juga anak-anak. Tentu ilmu yang kami peroleh selama dua hari ini sangat bermanfaat, karena kurikulumnya pun sudah berganti. Semoga ke depannya bisa berkelanjutan antara sekolah dan TSM,” ujar beliau. Sebagai penutup pelatihan Accurate, seluruh siswa melakukan sesi foto bersama di pandu oleh Bu Maria dari Universitas Trisakti.

Social Share

Jesen

Leave a Comment

Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

(021) 54397462

info@cintakasihtzuchi.sch.id

Download Apps

Google Play

Get It Now

App Store

Now it Available