Rabu,18 November 2020 SMK Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW bagi seluruh siswa-siswi SMK Cinta Kasih Tzu Chi yang beragama muslim. Acara ini tetap berlangsung walaupun ditengah pandemi seperti ini dan diselenggarakan melalui Zoom meeting. Dari tahun ke tahun acara Maulid Nabi Muhammad SAW memang selalu dilaksanakan di SMK Cinta Kasih Tzu Chi, yang membedakan acara Maulid tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya hanya pada pelaksanaannya. Acara ini diawali dengan pembukaan Bu Betty Theresia selaku Kepala sekolah SMK Cinta Kasih Tzu Chi. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran oleh Marsela, Saritilawa oleh Friskila, dan Sholawatan oleh Hayyalah dan Shelatifa. Setelah itu, penampilan lomba dari kelas 10 – 12. Lomba yang ditampilkan antara lain kelas 10 membaca Al-Quran dan hafalan ayat kursi, kelas 11 mendakwah, dan kelas 12 video Islami.

Cerama oleh siswa

Acara Maulid ini dipanitiai oleh Pak Eko Raharjo. Cara mengkoordinasikan acara Maulid ini awalnya Pak Eko menyampaikan rencana awalnya ke kepala sekolah untuk mendapat masukan dan saran, kemudian konsep tersebut disampaikan ke siswa-siswi dengan cara mengkomunikasikan lewat grup kelas, kemudian menghubungi anak anak yang punya potensi, dan membuat grup panitia kecil.

Dan apa yang membuat Pak Eko mau mengadakan acara ditengah pandemi seperti ini? Begini jawabnya “Pertama adalah ini sudah menjadi rutin sekolah, yang tiap tahun diadakan, dan yang penting adalah untuk menumbuhkan semangat keagamaan bagi warga sekolah agar dapat menerapkan sikap dan perilaku religius dalam kehidupan mereka. Kedua, karena kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara langsung, dan kiranya bisa dilakukan secara daring, saya kira itu bagus selama makna dan tujuan kegiatan dapat tercapai, sehingga anak anak pun merasa nyaman ikut kegiatan. Ketiga, menggali potensi anak untuk menunjukkan kemampuan diri dalam kehidupan beragama dan beribadah”

Acara Maulid ini memiliki tanggapan yang baik, saat direncanakan dan di sampaikan tentang kegiatan maulid ini, responnya positif, bahkan ada siswa yang menanyakan kapan Maulid dilaksanakan, lalu partisipasi guru juga luar biasa dalam zoom meeting. Sehingga acara ini sangat memotivasi siswa, Dukungan semua pihak menyambut positif dalam kegiatan ini. Makna acara Maulid bagi Pak Eko adalah menyambut perayaan maulid, dengan tema : Keteladanan Rasulullah dalam menuntut ilmu bagi generasi muda Islam adalah untuk memberikan motivasi kepada warga sekolah dan siswa untuk selalu memaksimalkan penggalian potensi dirinya. Serta menanamkan nilai keagamaan agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara Maulid diakhiri dengan sambutan dari Pak Eko dan berdoa. Walaupun ditengah pandemi seperti ini SMK Cinta Kasih Tzu Chi tetap mengadakan Maulid, hal ini perlu diacungi jempol karena tetap melaksanakan kegiatan rutin di SMK Cinta Kasih Tzu Chi.

Reporter : Renallda Michelle Sumanjaya, Shela Tifa Pramono, Rafael Praseli, Bismillah Haidari dan Caroline Homan.

Social Share

Admin

Leave a Comment

Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

(021) 54397462

info@cintakasihtzuchi.sch.id

Download Apps

Google Play

Get It Now

App Store

Now it Available