Setelah webinar sebelumnya sudah selesai terlaksanakan, SMK dan SMA Cinta Kasih Tzu Chi kembali mengadakan webinar UKS yang membahas materi narkoba (Narkotika dan Obat-obatan) dan remaja. Harus kita ketahui narkoba adalah zat atau obat yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakannya maka diadakan webinar ini.

Webinar dilaksanakan pada Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB melalui Zoom Meeting, sebelum rangkaian acara dimulai, Pak Rizki selaku MC memimpin doa pembuka. Dilanjutkan dengan menyapa pemateri, yaitu Pak Leonardo David Pradana, di sambung dengan kata sambutan oleh kepala SMK Cinta Kasih Tzu Chi Pak Edi Supeno.

Kemudian dilanjutkan ke sesi materi dimulai dari pertanyaan yang dilontarkan Pak Leo, “Apa NARKOBA itu?” Para siswa pun antusias menjawabnya. Dijelaskan oleh Pak Leo bahwa alasan remaja untuk menggunakan narkoba dikarenakan ingin mencoba-coba, iseng, ataupun mencari ketenangan. Dari banyaknya korban narkoba biasanya akan menjadi penjahat atau pencuri yang bertujuan untuk membiayai kebiasaan mereka menggunakan narkoba, bahkan bukan saja membuat dirinya sendiri menderita tapi juga keluarga, teman-teman bahkan semua orang yang dicintai ikut menderita.

Setelah itu dijelaskan ciri-ciri orang yang menggunakan narkoba, seperti waktunya di rumah seringkali dihabiskan di kamar tidur, tempat-tempat sepi, takut air jika terkena akan terasa sakit karena itu mereka jadi malas mandi, sering batuk-batuk, pilek berkepanjangan, bicara cadel atau pelo serta jalan sempoyongan, hilangnya minat gaul dan olahraga, mengabaikan perawatan dan kerapian diri serta mudah tersinggung dan cepat marah. Adapun sanksi penyalahgunaan narkoba, yaitu bagi setiap penyalahguna narkoba golongan I dengan pidana penjara paling lama 4 tahun, golongan II dengan pidana penjara paling lama 2 tahun, dan golongan III dengan pidana penjara paling lama 1 tahun. Setelah itu dibuka sesi tanya jawab. Lalu ditutup dengan doa.

Social Share

Vinsen Sutanto

Leave a Comment

Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No.20, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat.

(021) 54397462

info@cintakasihtzuchi.sch.id

Download Apps

Google Play

Get It Now

App Store

Now it Available